Search

13 Jenis Kopi di Indonesia, Jadi Primadona Pecinta Kopi Dunia

7. Kopi Jawa

Jawa termasuk satu dari lima pulau terbesar di Indonesia dan merupakan salah satu penghasil kopi terbesar nusantara. Jawa terkenal dengan kopi Arabika. Jenis kopi di Indonesia ini tumbuh dengan baik pada suhu 16 hingga 20 derajat Celcius atau berada pada ketinggian di atas 1.500 meter. Kopi Jawa juga dikenal sebagai salah satu kopi dengan umur terbaik di dunia karena bisa disimpan selama dua sampai tiga tahun. Hal itu jugalah yang membuat kopi ini memiliki rasa yang kuat.

8. Kopi Luwak

Jenis kopi di Indonesia ini amat erat kaitannya dengan sejarah produksi kopi di Indonesia. Pada awal abad ke-18, Belanda mendirikan perkebunan kopi di pulau-pulau Hindia Belanda baik di Jawa maupun Sumatra, salah satunya jenis Arabika yang diperkenalkan dari Yaman. Selama era Tanam Paksa (1830-1870), Belanda melarang petani pribumi untuk menanam kopi untuk keuntungan sendiri. Meski begitu, petani pribumi ingin mencicipi minuman kopi yang terkenal. Mereka akhirnya mengetahui bahwa beberapa jenis musang atau disebut luwak mengkonsumsi buah kopi, namun luwak meninggalkan biji kopi yang belum tercerna dalam kotorannya.

Petani pribumi mengumpulkan kotoran biji kopi luwak, membersihkannya, memanggang, serta menggilingnya untuk menjadikannya minuman kopi buatan mereka sendiri. Ketenaran kopi luwak beraroma ini menyebar dari petani dan penduduk pribumi ke pemilik perkebunan Belanda dan segera menjadi favorit. Hingga kini, kopi jenis ini menjadi salah satu kopi termahal di dunia. Kopi Luwak bahkan sudah mahal sejak masa penjajahan tersebut.

9. Kopi Arang

Jenis kopi yang satu ini merupakan jenis kopi asli Indonesia yang berasal dari Jember dan merupakan yang terbesar setelah kota Malang. Cara atau proses pembuatan Kopi Arang juga cukup unik yaitu dengan cara digosongkan, tapi rasanya tidak terlalu pahit. Kopi yang menjadi salah satu kopi terbaik di Jawa yang juga disebut ‘Java Jampit’ ini memiliki keunikan tersendiri setelah diseduh yaitu memiliki aroma mirip cabai.

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "13 Jenis Kopi di Indonesia, Jadi Primadona Pecinta Kopi Dunia"

Post a Comment

Powered by Blogger.