Search

12 Masakan Jawa Timur ini Punya Cita Rasa yang Khas, Dijamin Bikin Ngiler Seketika

1. Rawon

Masakan Jawa Timur yang pertama adalah Rawon. Masakan Jawa Timur ini ciri khasnya memiliki kuah warna hitam, rawon adalah sup daging dengan kuah yang berwana hitam sebagai bumbu khas yang menggunakan kluwek. Beberapa bahan bumbu yang dipakai adalah bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar, serai, kunir, lombok, kluwek, garam, dan lain-lain.

Rawon Pasuruan merupakan salah satu rawon yang sangat terkenal berkat rasa rawon yang sangat khas. Masakan bernama Rawon ini biasanya disajikan bersama dengan nasi putih, kerupuk dan bawang goreng. Akan tetapi jangan lupa untuk menambahkan sayuran, tauge, daging sapi dan juga potongan telur. Rasa penasaran kamu tentang masakan Jawa Timur yang satu ini akan terjawab dengan puas setelah mencobanya sendiri.

2. Rujak Cingur

Masakan Jawa Timur selanjutnya adalah rujak cingur. Asal dari rujak cingur adalah kota Surabaya. Nama rujak cingur ini menggunakan salah satu bahan utama pada rujaknya yakni irisan daging mulut (cingur) sapi. Rujak cingur biasanya terdiri dari irisan tempe, tahu, timun, nanas, londong, cingur serta sayuran kecambang, kangkong dan bumbu olahan kacang, petis, cabai, bawang merah serta irisan tipis pisang biji hijau yang masih muda. Memang tampak aneh karena makanan ini bahan utama dari mulut sapi, akan tetapi saat kamu mencoba Rujak Cingur ini pasti akan ketagihan.

3. Soto Lamongan

Masakan Jawa Timur lainnya adalah soto Lamongan. Soto Lamongan biasanya pada saat penyajiannya dicampurkan dengan koya. Koya sendiri merupakan bubuk gurih pelengkap dari Soto Lamongan ini yang dibuat dari bawang putih dan kerupuk udang. Tentu sudah terbayang bukan rasa dari koya tersebut? Masakan Jawa Timur ini bisa kamu nikmati di mana pun tanpa harus ke Lamongan. Ya, kini sudah banyak penjual soto Lamongan di mana-mana.

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "12 Masakan Jawa Timur ini Punya Cita Rasa yang Khas, Dijamin Bikin Ngiler Seketika"

Post a Comment

Powered by Blogger.