Search

Instagramable, Yuk Foto-Foto di Lapangan Banteng yang Kaya Sejarah

Menurut buku “Asal-usul Nama Tempat di Jakarta” karya Rachmat Ruchiat, pada masa pemerintahan kolonial Belanda, Lapangan Banteng disebut dengan  Lapangan Singa. Sebutan tersebut dipakai karena di tengah lapangan tersebut terpancang tugu peringatan kemenangan peran di Waterloo dengan patung berbentuk singa di bagian tengahnya. Namun tugu ini dirobohkan saat Indonesia diduduki Jepang.

Setelah Indonesia merdeka, nama Lapangan Singa diganti dengan sebutan Lapangan Banteng. Selain pertimbangan nasionalisme, mengingat Singa erat kaitannya dengan simbol penjajah, nama Lapangangan Banteng dipakai juga dengan pertimbangan bahwa di kawasan ini dahulu banyak dijumpai satwa liar, seperti macan, kijang, dan banteng.

Kini wajah Lapangan Banteng berubah total karena sudah disempurnakan dengan beragam fasilitas, antara lain lapangan bola, jogging track, lapangan voli, lapangan basket, dan spot foto yang sangat instagramable.

Namun ada satu hal yang tidak berubah dan masih berdiri tegak di kawasan Lapangan Banteng, yaitu Monumen Pembebasan Irian Barat, sebuah monumen untuk mengenang para pejuang Trikora dan masyarakat Irian Barat yang tetap ingin bersatu dalam NKRI. Irian sendiri merupakan akronim dari Ikut Republik Indonesia Anti-Nederland.

Lapangan Banteng kini dilengkapi dengan lapangan bola, jogging track, lapangan voli, lapangan basket, dan lahan badminton sehingga sangat Instagramable.

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Instagramable, Yuk Foto-Foto di Lapangan Banteng yang Kaya Sejarah"

Post a Comment

Powered by Blogger.