Search

Kenapa Sering Mengantuk Saat Puasa?

Liputan6.com, Jakarta - Selama Ramadan kita pasti mengalami perubahan pola makan dan tidur. Tak jarang hal itu menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Apalagi jika tubuh kita kurang mampu beradaptasi dengan baik.

Wajar saja, puasa memang mempengaruhi jam biologis tubuh manusia. Buntutnya, orang yang berpuasa banyak sering mengantuk. Apa yang membuat orang mengantuk saat puasa?

Penyebabnya karena perubahan ritme sirkadian alias jam biologis. Ritme sirkadian adalah jadwal kerja berbagai organ tubuh selama 24 jam. Jadwal ini diatur oleh hipotalamus yang berada di dalam otak manusia.

Dilansir dari Live Strong, 18 Mei 2019, pola makan dan istirahat tubuh berubah drastis selama bulan puasa. Pola makan dari yang awalnya tiga kali menjadi dua kali sehari disertai dengan berbagai aktivitas di malam hari bisa mengubah metabolisme tubuh.

Saat berpuasa, suhu tubuh menurun seiring dengan berkurangnya pengeluaran hormon kortisol dan melatonin. Melatonin adalah hormon utama yang mengatur siklus tidur. Sedangkan hormon kortisol membantu otak tetap fokus di siang hari.

Banyak orang sering menunda jam tidur agar punya banyak waktu untuk makan, minum, bercengkrama, atau melakukan berbagai aktivitas lain di malam hari. Kebiasaan mengemil di malam hari yang meningkat serta menurunnya aktivitas fisik seperti olahraga di pagi hari itulah yang menyebabkan gangguan tidur.

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kenapa Sering Mengantuk Saat Puasa?"

Post a Comment

Powered by Blogger.