Search

Festival Seni Singkawang Agora, Eksplorasi dan Berkreasi di Ruang Terbuka

Liputan6.com, Jakarta - Berekspresi lewat seni dapat diwujudkan dalam beragam cara dan memakai media tak terduga. Satu di antaranya adalah terselenggaranya Festival Seni Singkawang Agora (Singagora) di Kelurahan Setapuk Besar (Hulu) dan Singkawang Cultural Center, 4-6 April 2019.

Festival seni yang digelar seniman dan sejumlah komunitas di Singkawang ini menghadirkan deretan acara yang meliputi musik eksperimental, pertunjukan teater, performance art, puisi visual, pameran sketsa, foto, dan video.

Salah satu penggagas acara yang juga seniman dari Kelompok Teater Garasi, Arsita Iswardhani menyampaikan festival ini adalah satu rangkaian untuk mempertemukan seniman dari ragam disiplin termasuk komunitas kreatif di Singkawang.

"Kami berproses, berkolaborasi, dan belajar bersama. Kemudian menciptakan beragam bentuk [seni]( "") yang merujuk pada tema toleransi dan keberagaman," kata Arsita Iswardhani dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

Arsita menambahkan, kehadiran mereka di Singkawang sejak 2017 merupakan salah satu cara melihat ke-Indonesiaan di luar pulau Jawa. "Karena kami sekelompok seniman, maka masuknya melalui kesenian," lanjutnya.

Bersama rekannya Akbar Yumni, mereka bekerja sama dengan kelompok Teater Tebs, komunitas musik, perupa, dan komunitas kreatif yang rata-rata anak muda. Dari pertemuan ini, mereka menghasilkan sejumlah karya seni menarik.

"Dalam proses kerjasama ini, kami sama-sama belajar. Sehingga hasil tidak lagi begitu penting ketika setiap orang dan kelompok, bersama melakukan kerja kreatif sesuai dengan disiplin mereka," tutur Akbar.

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Festival Seni Singkawang Agora, Eksplorasi dan Berkreasi di Ruang Terbuka"

Post a Comment

Powered by Blogger.