Search

Cerita Akhir Pekan: Jelajah Museum dalam Satu Hari di Kawasan Jakarta Pusat

Usai Museum Prasasti di Tanah Abang, Jakarta Pusat, Anda bisa berkunjung ke Museum Gedung Joang 45 yang terletak di Jalan Raya Menteng 31, Menteng, Jakarta Pusat. Bangunan ini awalnya hotel yang dikelola oleh keluarga L.C. Schomper, seorang berkebangsaan Belanda.

Kemudian tempat dijadikan tempat pendidikan dan latihan (diklat), asrama, tempat diskusi tokoh pergerakan. Setelah itu, gedung tersebut  digunakan oleh pemuda Menteng 31 yang berjumlah 11 orang. Mereka adalah Sukarni, Chaerul Saleh, Wikana, Achmad Soebardjo, B.M. Diah, Adam Malik, Sayuti Melik, Soelastri Karma Trimurti, Latif Hendraningrat, S. Suhud, dan Trimurti.

Dari gedung tersebut lahir ide menculik Bung Karno dan Bung Hatta ke Rengadengklok atau yang dikenal dengan peristiwa Rengasdengklok. Mereka berjuang mendesak Bung Karno dan Hatta untuk segera memproklamirkan kemerdekaan.

Berkunjung ke museum ini, Anda dapat melihat jejak perjuangan kemerdekaan RI dengan koleksi benda-benda peninggalan para pejuang Indonesia. Di antaranya adalah mobil dinas resmi Presiden dan Wakil Presiden RI pertama yang dikenal dengan mobil REP 1 dan REP 2.

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cerita Akhir Pekan: Jelajah Museum dalam Satu Hari di Kawasan Jakarta Pusat"

Post a Comment

Powered by Blogger.