Search

Cara Membuat Bubur Sumsum Tanpa Santan, Enak dan Lembut

Ternyata ada sejarah tersendiri tentang panganan satu ini lho. Pada zaman dahulu, bubur sumsum bukanlah jajanan tradisional yang dinikmati dengan penuh suka cita. Dulu, bubur sumsum pun tidak dinikmati dengan es batu dan gula untuk menambah rasa segar dan nikmat. Mulanya, bubur sumsum adalah makanan pada masa krisis untuk masyarakat Jawa.

Krisis yang dulu sering melanda masyarakat Indonesia pada zaman penjajahan Belanda membuat masyarakat tidak dapat menikmati makanan pokok mereka yaitu beras. Untuk menyiasati hal tersebut, beras yang tinggal sedikit dimasak menjadi bubur. Tetapi, seiring berkembangnya zaman, bubur tidak lagi diidentikkan dengan makanan yang berada di bawah kasta nasi.

Di balik rasanya yang manis dan lembut, ternyata bubur sumsum bukan hanya sekedar jajanan tradisional yang digunakan untuk mengatasi rasa lapar. Bubur sumsum telah dikenal sebagai sajian khas pada upacara adat tertentu.

Pada beberapa masyarakat Jawa, bubur sumsum biasa digunakan untuk berbagai acara selamatan. Di antaranya seperti, selamatan menempati rumah baru, peringatan weton kelahiran seseorang, dan banyak acara lainnya. Tampaknya, bubur sumsum ini memang hampir tidak pernah absen dari acara selamatan masyarakat Jawa.

Selain untuk acara selamatan, bubur sumsum juga kerap dihidangkan pada acara-acara besar seperti pernikahan. Dan bukan hanya untuk ritual saja, rasa manis bubur sumsum ini juga biasa disajikan sebagai menu berbuka puasa.

Nah, biasanya bubur sumsum terbuat dari tepung beras dan juga santan. Namun rupanya tak semua orang menyukai berbahan santan. Tapi tenang saja, bubur sumsum sendiri bisa kok dibuat tanpa santan. Penasaran caranya? Berikut cara membuat bubur sumsum tanpa santan yang dirangkum liputan6.com dari berbagai sumber Rabu (24/10/2018).

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cara Membuat Bubur Sumsum Tanpa Santan, Enak dan Lembut"

Post a Comment

Powered by Blogger.