Search

4 Alasan dan Penyebab Takut Berciuman, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Anda pernah dengar istilah philemaphobia? Ini adalah semacam fobia. Philemaphobia adalah rasa takut berciuman. Hal ini kerap dialami mereka yang masih awam atau orang yang takut melakukan kesalahan.

Philemaphobia bisa terjadi pada usia berapapun, baik tua muda maupun pria atau perempuan. Kalau seseorang mempunya ketakutan ini, ke depannya bisa mengalami masalah dalam membangun kedekatan dan keintiman dengan pasangan.

Mereka yang takut berciuman juga bisa memiliki ketakutan berhubungan intim. Tentu masalah ini akan berakibat fatal kalau tidak diatasi.

Lalu apa penyebab seseorang mengalami philemaphobia? Ada beragam alasannya. Dilansir dari verywellmind.com, ada empat alasan yang membuat seseorang merasa takut untuk berciuman.

1. Takut Kuman

Philemaphobia terkadang berkaitan dengan rasa takut terhadap kuman. Ada sejumlah orang takut terkena penyakit atau merasa jijik dengan air liur, sehingga membuat mereka takut ciuman.

Bagi yang takut ciuman karena berkaitan dengan rasa takut terhadap kuman, biasanya akan menghindari ciuman "basah". Mereka lebih memilih ciuman di pipi, kening atau kecupan singkat di bibir.

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "4 Alasan dan Penyebab Takut Berciuman, Apa Saja?"

Post a Comment

Powered by Blogger.