Search

Kenapa Perempuan di Atas 25 Tahun Lebih Mudah Gemuk?

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak faktor yang membuat seseorang, terutama perempuan mudah gemuk. Mereka yang cenderung banyak bergerak dan porsi makannya tidak banyak pun bisa saja tubuhnya mudah melar.

Metabolisme tubuh manusia cenderung melambat seiring bertambahnya usia. Dengan kata lain, semakin tua maka berat tubuh seseorang lebih gampang bertambah. Ini bukan sekadar anggapan atau mitos, tapi sudah dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan tim dari Universitas California (UCLA), Los Angeles, Amerika Serikat.

Dilansir dari Her, 2 Februari 2019, pakar statistik dari UCLA, Nathan Yau, menyimpulkan pada usia tertentu kebutuhan kalori tubuh berada pada tingkat tertinggi. Namun, setelah batas usia itu lewat, maka kebutuhan tubuh akan kalori cenderung menurun.

Itu tak akan jadi masalah kalau pola makan tidak berubah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, semakin tua usia seseorang, maka semakin sedikit pula makanan yang mereka konsumsi. Namun faktanya, sebagian besar orang, khususnya perempuan justru bertambah gemuk seiring bertambahnya usia.

Di usia aktif saat remaja, kebutuhan kalori berada di kisaran 2.400 per hari. Sementara perempuan yang tidak begitu banyak beraktivitas hanya perlu 2.200 kalori per hari. Lalu pada usia 25 tahun ke atas, kebutuhan kalori semakin menurun.

Sayangnya, kebanyakan orang tidak menyadari kebutuhan kalori harian mereka yang akhirnya membuat berat badan bertambah. Kalori bukan hanya berasal dari makanan berat. Minuman ringan seperti soda, jus, smoothie,serta camilan juga menyumbang kalori yang cukup besar.

Makanan seperti itulah yang menyebabkan berat badan meningkat tanpa disadari. Jadi sebaiknya Anda membatasi jumlah kalori yang masuk ke tubuh dan mengimbanginya dengan melakukan olahraga secara rutin.

Menerapkan pola hidup sehat seperti ini sangat membantu menjaga kestabilan berat badan agar tak mudah gemuk, terutama untuk perempuan yang berusia di atas 25 tahun.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kenapa Perempuan di Atas 25 Tahun Lebih Mudah Gemuk?"

Post a Comment

Powered by Blogger.